Lebaran 2011 – Hari Raya Idul Fitri 2011

Lebaran / Hari Raya Idul Fitri

Di Indonesia, sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, Idul Fitri dikenal sebagai Hari Raya Idul Fitri (atau lebih seringnya disebut secara informal sebagai Lebaran). Lebaran adalah hari libur nasional paling penting di Indonesia, berlangsung hingga dua minggu, dengan tanggal pastinya ditentukan sesuai dengan pengamatan posisi bulan. Untuk Hari Raya Idul Fitri biasanya hari libur resmi selama 2 atau 3 hari, 2-3 hari lagi hari libur yang diberikan perusahaan, dan sekitar 5 hari cuti bersama.

Kapan Lebaran 2011 / Idul Fitri 2011?

Tanggal Lebaran 2011 / Hari Raya Idul Fitri 2011
Di Indonesia, hari pertama lebaran 2011 kemungkinan akan jatuh pada Selasa, 30 Agustus 2011. Harap dicatat bahwa hari raya Islam dihitung berdasarkan penampakan lokal berbagai fase bulan dan dengan demikian tanggal Lebaran 2011 ini bisa berubah.

Hari libur resmi untuk Idul Fitri, termasuk pada 2011 biasanya selama 2 hari, yang untuk lebaran 2011 jatuh pada Selasa, 30 Agustus 2011 hingga Rabu, Agustus 31, 2011. Namun, dalam praktiknya banyak perusahaan libur jauh lebih lama, beberapa di antaranya dilakukan melalui cuti bersama.

Perayaan Lebaran

Biasanya, pada hari ini Muslim akan bangun pagi dengan sarapan kecil, diikuti dengan shalat di masjid-masjid. Setelah shalat, adalah kebiasaan untuk bersilahturami dengan keluarga dan sanak saudara.

Tunjangan Hari Raya Idul Fitri

Selain dari hari libur, di Indonesia secara hukum setiap karyawan berhak mendapatkan bonus gaji menjelang Lebaran, atau sering dikenal sebagai Tunjangan Hari Raya(THR). Jumlah bonus gaji ini dimandatkan tergantung standar gaji minimum provinsi.

Sebagai contoh, di kawasan Jakarta bonus THR harus setidaknya Rp 1 juta tetapi tidak kurang dari gaji penuh satu bulan dan harus dibayar sebelum Idul Fitri, beserta gaji reguler karyawan. Pemotongan THR merupakan pelanggaran hukum perburuhan yang sangat serius dan dapat dihukum berat, tanpa memandang status majikan atau posisi.

Lebaran / Idul Fitri di Jakarta

Idul Fitri adalah hari libur terbesar di Indonesia. Bisnis untuk pakaian dan kebutuhan meriah mengalami bulan terbaik mereka selama bulan Ramadhan dengan pusat perbelanjaan dan pasar-pasar dipenuhi dengan hari-hari orang menjelang Hari Raya Idul Fiti 2011, menyebabkan suasana yang meriah khas kekacauan di seluruh negeri dan lalu lintas. Sebaliknya, beberapa minggu pertama setelah perayaan adalah minggu tenang untuk bisnis dan lalu lintas jalan.

Di Jakarta, di mana kemacetan yang berlangsung selama berjam-jam sudah bukan hal yang luar biasa, perbedaan besar dapat dirasakan selama lebaran, di mana jalan-jalan utama sangat sepi dan bahkan mungkin saja untuk berjalan beberapa kilometer tanpa berpapasan dengan mobil lain.

Banyak bank, pemerintah dan kantor-kantor swasta tutup selama perayaan Idul Fitri 2011 atau Lebaran 2011 ini. Rencanakan perjalanan dan urusan resmi dengan baik agar tidak mendapat pengalaman yang tidak menyenangkan.

Ucapan Lebaran

Berikut adalah ucapan umum selama Lebaran:
– Selamat Hari Raya Idul Fitri !
– Mohon Maaf Lahir Batin !
– Minal Aidin Wal Faizin !

Selamat Lebaran 2011 !
Selamat Hari Raya Idul Fitri 2011 !

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Blog Statistik

    • 20,357 hits
  • Free counters!
  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya