Aneh, Muncul Matahari Kembar Dua Saat Sore Hari

LENSAINDONESIA.COM: Umumnya, matahari hanya muncul satu dalam sebuah rotasi planet. Namun, kali ini matahari yang muncul kembar alias dua matahari sekaligus. Fenomena alam ini terlihat saat sore hari ketika matahari mulai terbenam.

Fenomena alam itu yang ditemukan para ilmuwan ketika melakukan penelitian dan pengamatan dengan menggunakan pesawat antariksa Kepler NASA. Matahari kembar itu terlihat saat hari berakhir di Planet Kepler-16b, seperti yang dilansir Jurnal Sains.

“Ini sungguh-sungguh pengukuran menakjubkan oleh Kepler,” ujar Alan Boss asal Lembaga Sains Carnegie, penyusun laporan penelitian itu.

Para astronom mengira, ada planet yang mengitari mahatari kembar itu. “Hal yang betul-betul menarik adalah ada sebuah planet di sana yang mengorbit kedua bintang ini,” jelasnya.

Namun demikian, matahari kembar tersebut ukurannya lebih kecil dan lebih dingin dibanding matahari kita. “Karena, planet Kepler-16b bersuhu dingin, yakni sekitar minus 73 hingga minus 101 derajat Celsius,” tandas Pusat Astrofisika Harvard, Smithsonian dalam sebuah pernyataan.

Menurutnya, Kepler-16b merupakan planet gas besar dingin, dengan ukuran serta massa yang sama dengan Planet Yupiter. Kepler-16b mengorbit kedua mataharinya setiap 229 hari pada jarak 104,6 juta kilometer. Dan jarak itu hampir sama dengan orbit Venus. Sedangkan, Bumi mengorbit matahari setiap 365 hari dengan jarak 149,7 juta kilometer.

Planet Kepler-16b berjarak 200 tahun cahaya dari Bumi dan diprediksi tidak ada kehidupan di sana. Dan hitungannya, satu tahun cahaya merupakan jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu setahun, yakni sekitar 10 trilyun kilometer.

Sementara, misi para astronot Kepler menyelidiki wilayah di galaksi Bima Sakti terkait keberadaan planet-planet yang bakal bisa dihuni.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Blog Statistik

    • 20,357 hits
  • Free counters!
  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya