Tentang Diriku

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.” Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata “komputer”, dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.

Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

Penulis :

Ini sekedar perkenalan saja sahabat blogger semua. Nama saya Bakso Pelipur Lara, lahir 42 tahun lalu di suatu kota di Jawa Timur, tepatnya yaitu kota Surabaya, kota yang menurut saya sangat indah dengan pemandangan alamnya yang dilalui oleh sungai Berantas (Kali Mas) yang terbentang dari selatan hingga ke utara.

Saat ini saya sedang menempuh pendidikan tinggi di salah satu perguruan tinggi negeri di Ibukota atau yang lebih dikenal dengan kota Jakarta. Memang diriku aslinya orang Jakarta (keturunan Pitung), tapi menurutku tinggal di Surabaya lebih asyik dan menyenangkan, bukan karena tidak cinta Ibukota, akan tetapi sekali lagi karena tertarik dengan pemandangan alamnya, apalagi di daerah tempat tinggal saya yang berada di sebelah Utara Kota Surabaya dengan Laut dan Jembatan Suramadu yg terkenal  menambah keindahannya, sedangkan di Jakarta menurutku terlalu sesak dan banyak penduduknya serta kurangnya ruang terbuka sehingga membuatku tidak begitu kerasan tinggal di Ibukota Jakarta.

Jika sahabat Blogger memiliki artikel atau hal yang menarik tentang teknologi apapun, saya dengan senang hati jika sahabat Blogger mau membaginya dengan saya. Kritik dan saran yang membangun bagi kemajuan blog ini sangat saya harapkan. Jadikan teknologi Indonesia lebih maju…

1 Komentar

  1. ooo…saya baru tahu kalau anda turunan si pitung juga rupanya..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Blog Statistik

    • 20,357 hits
  • Free counters!
  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya